• Sun. Aug 14th, 2022

Layar Bisnis

Memberi Inspirasi Untuk Negeri

Poin Penting Saat Ajukan Klaim Asuransi Mobil Di Indonesia

BySarni

Jan 3, 2022

Asuransi mobil merupakan salah satu perlindungan penting bagi kendaraan anda karena mobil adalah aset pribadi. Ada banyak pilihan perusahaan asuransi mobil di Indonesia yang bisa anda pilih dengan kredibilitas masing-masing. Karena memiliki asuransi kendaraan, bentuk hak Anda adalah menerima asuransi dengan cara melakukan klaim asuransi kendaraan.

Anda sebagai pemegang polis berhak mendapat pertanggungan untuk biaya kendaraan karena premi yang sudah dikeluarkan secara rutin tiap bulan. Tetapi ada beberapa kondisi dimana pengajuan klaim tidak selalu diterima alias ditolak. Untuk itu, berikut beberapa poin penting yang harus diperhatikan saat akan ajukan klaim asuransi mobil di Indonesia.

1. Masa Aktif Polis

Yang pertama harus diperhatikan adalah masa aktif polis. Jika anda tidak membayar premi secara rutin atau melewati masa tenggang, maka polisi akan dinonaktifkan. Nah jika status polis tidak aktif atau lapse maka pengajuan asuransi Anda otomatis akan ditolak.

Masa tenggang untuk pembayaran premi adalah 45 hari sejak tenggat waktu pembayaran terakhir. Maka dari itu, Anda wajib mengecek status polis secara berkala agar ajukan klaim bisa lancar.

2. Batas Waktu Pelaporan Saat Ajukan Klaim

Anda juga perlu tahu batas pelaporan untuk ajukan klaim yakni maksimal 5 x 24 jam setelah kejadian kecelakaan maupun kehilangan. Untuk melaporkan kejadian agar bisa klaim Anda bisa langsung mendatangi kantor cabang perusahaan asuransi terdekat ataupun melakukan klaim lewat aplikasi.

Jika tidak punya waktu untuk datang ke kantor cabang perusahaan asuransi, maka bisa memilih untuk melakukan klaim secara online lewat aplikasi digital.

3. Resiko Dalam Polis

Anda memang harus jeli dan teliti saat membeli polis asuransi. Setiap jenis asuransi tentu punya resiko apa saja yang memang ditanggung. Contohnya saja pada asuransi all risk yang tidak benar-benar secara keseluruhan menanggung atau melindungi mobil anda.

Ada kejadian seperti bencana alam, huru-hara, terorisme dan masih banyak lagi yang tidak masuk dalam tanggungan klaim. Untuk bisa mendapat perlindungan pada kejadian-kejadian seperti ini maka anda harus melakukan perluasan manfaat asuransi untuk mendapatkan perlindungan. Maka dari itu Anda harus cermat dalam mengetahui berbagai resiko apa saja yang ditanggung oleh asuransi.

4. Kelengkapan Dokumen Pendukung

Saat akan melakukan klaim asuransi mobil di Indonesia maka anda perlu beberapa dokumen pendukung. Misalnya saja dokumen KTP, STNK, SIM dan juga polis asuransi pada periode yang masih aktif. Selain itu Anda juga perlu dukungan beberapa dokumen lampiran tentang kejadian baik berupa foto atau pun video CCTV.

Selain itu nanti anda akan dimintai keterangan Bagaimana kronologi kejadian terjadi atas mobil yang rusak atau mengalami pencurian.

5. Kerusakan Yang Disengaja

Klaim tentu saja akan ditolak jika anda mengajukannya atas kerusakan yang sebelumnya sudah ada sebelum membeli polis asuransi. Atau jika kerusakan mobil yang dilakukan secara sengaja maka pihak asuransi akan langsung menolak pengajuan klaim. Ini biasanya terjadi setelah proses verifikasi dan pihak perusahaan asuransi menemukan kecurigaan.

Itu tadi beberapa poin penting yang harus anda perhatikan saat akan melakukan pengajuan klaim asuransi mobil di Indonesia. Bagi yang sedang membutuhkan asuransi kendaraan terbaik maka bisa memilih platform tempat pembelian asuransi di Lifepal. Lifepal memberikan diskon premi sebanyak 25% untuk Anda yang membeli asuransi pada platform ini.

Selain asuransi mobil, dapat pula asuransi kesehatan yang bisa anda beli. Karena tentu saja, untuk asuransi mobil maupun kesehatan sama pentingnya dibeli untuk menjaga kesehatan jiwa dan prioritas dalam menjaga aset pribadi.

Related Post